Solo Aviation Spotters dibentuk pada tanggal 25 Desember 2015. Berawal dari sebuah pertemuan yang tidak disengaja oleh Aditya Wicaksono, Kristanto Wibowo, Abdurahman dan Deval Riantoro yang saat itu sedang melakukan hobi fotografi aviasi atau sering disebut dengan spotter pesawat terbang sekitar pagar  runway bandara Adi Soemarmo.

Setelah melakukan perkenalan, komunikasi lanjutan dilakukan secara intensif hingga terbentuklah S.A.S, Komunitas ini dibentuk atas persamaan tujuan yaitu sebagai wadah untuk menjalin komunikasi antar penggemar dunia aviasi, khususnya di wilayah soloraya. Meskipun memiliki hobi yang terbilang anti-mainstream, S.A.S (Solo Aviation Spotters) tetap solid bahkan jumlah anggota terus tumbuh. Untuk kegiatan, para anggota S.A.S rutin melakukan kopdar seminggu sekali di area bandara Adi Soemarmo.

Selain melakukan hobi fotografi aviasi, anggota S.A.S juga memberikan edukasi terhadap masyarakat di lingkungan bandara Adi Soemarmo. Edukasi yang dimaksud adalah memberikan informasi kepada para warga yang dengan sengaja melakukan tindakan-tindakan yang dapat membahayakan dunia penerbangan. Selain memberikan edukasi, S.A.S juga megadakan kopdar setiap minggu sekali. Setiap hari Sabtu di kawasan sekitar bandara Adi Soemarmo. Untuk karya fotografi, para anggota S.A.S sering memposting di sosial media masing-masing baik facebook maupun instagram. dan akun official dari S.A.S di instagram adalah @soloaviation sedangkan akun resmi atau official S.A.S di facebook adalah Solo Aviation Spotters atau @soloaviationspottersOFFICIAL, solo aviation spotters juga memberikan tampilan yang berbeda dengan komunitas lainnya yaitu dengan munculnya 1 komunitas lagi yaitu SOC Aviation Visitors and Unusual yang artinya “ kunjungan penerbangan ke bandara adisoemarmo  dan hal yang tidak biasa di sekitar bandara adisoemarmo “ contohnya ya seperti tamu Negara yang berkunjung ke bandara Adisoemarmo, private jet, dan info2 yang tidak biasa di sekitar bandara adisoemarmo. Facebook dari soc aviation visitors and unusual adalah SOC Aviation Visitors and Unusual atau @socavisitorsunusual

Tinggalkan komentar